Setelah Selesai Singkron Dapodik Versi 4 Tugas Selanjutnya Perval PD

Selamat Pagi,Siang,Malam Operator Sekolah Gugus 3 Leuweungkolot, mudah-mudahan tetap seahat dan semangat, pada postingan kali ini saya sengaja ingin mengingatkan kembali bahwa setelah sahabat Operator sudah melakukan singkron pada aplikasi dapodik versi 4 maka tugas selanjutnya memverpal peserta didik, untuk langkah-langkah ini mungkin Operator Sekolah sudah tidak asing lagi dengan bahasa MACTH Atau NOT MACTH, ini bagian dari Verpal yang nantinya siswa/siswi yang sudah di verpal akan mendapatkan NISN  yu kita simak informasi lebih lanjutnya

Kenapa harus Verpal PD ? 
Finising dari Data Siswa pada sekolah itu ada di Sistem Perval PD.. Dapodik hanya sumber data Master yang dikirim oleh Operator Sekolah ke Server dapodik lalu Sistem Perval PD akan menarik data Siswa untuk diolah kebenarannya maka disini akan melihat MACTH Atau NOT MACTH. maka dari itu bila ada penulisan Nama,Tgl Lahir dan nama orang tua yang salah untuk memperbaikinya bukan dari sistem dapodik melainkan pada Perval PD, dan nantinya server dapodik dengan jeda waktu yang di tentukan menarik kembali Data Siswa Pada Perpal PD tersebut dan menyimpanya di Server dapodik.." lalu pada Localhost / data siswa pada dapodik di Komputer/Laptop kita akan otomatis berubah.. " Yups.. bener!! kalau Operator Sudah melakukan Singkron kembali.. karna Arti dari singkron ini.. data LOCALHOST yang ada di Laptop/Komputer Sahabat Operator akan menarik data kembali pada server Dapodik dan masuk ke Aplikasi Dapodik yang ada pada Laptop/Komputer sahabat Operator.. dengan catatan bila singkron tersebut sukses.. 

Ilustrasi ketika sahabat operator memasukan data kelas 1 ( murid baru ) pada isian kolom NISN dibiarkan kosong, karna siswa baru dari kelas 1 belum memiliki NISN, langkah selanjutnya operator melakukan singkron atau menyesuaikan data pada SERVER DAPODIK di PUSAT.. otomatis data Siswa baru akan disimpan di SERVER DAPODIK dengan jeda beberapa waktu Sistem Perval PD akan menarik data di Server Dapodik dan melakukan pengecekan ulang kesesuaian datanya.. bila mana sudah tidak ada masalah maka siswa terebut akan diterbitkan NISN > lalu Server Dapdoik akan mengambil data kembali pada Server PerpalPD dan menyimpan data NISN tersebut.. ( menunggu Operator melakukan singkron selajutnya ) > Operator melakukan singkron kembali maka otomatis Server Dapodik Pusat akan mengirimkan data  ke Aplikasi Dapodik ke Localhost Laptop/Komputer Operator.

diatas hanya gambaran cerita kecil saja maklum bukan Pakar Analis  hihi.. kalau ada kekurangan silahkan di tabahkan kalau ada kelebihan mohon di kembalikan !! heheh semoga bermanfaat untuk selanjutnya sahabat bisa baca juga :

Jika menemukan KONDISI Pencarian Siswa Pada Perval PD 2015




0 Response to "Setelah Selesai Singkron Dapodik Versi 4 Tugas Selanjutnya Perval PD"

Post a Comment

ISI KOMENTAR BAPAK/IBU DISINI