Bapak / Ibu mudah-mudahan hari ini bapak / ibu diberikan kesehatan dan tetap semangat dalam melaksanakan kegiatan Guru Pembelajar pada sesi ini kita mencoba untuk membahas tentang apa yang ada pada pembelajaran di sesi Kegiatan 1.1 Mengkaji Materi Perkembangan Peserta ... yu kita langsung ke TKP..
Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keragaman individu adalah :
1. Faktor Internal
- Pembawaan (heredity)
- Lingkungan (environmental)
2. Faktor Eksternal
- Proses perkembangan (nurture)
- Faktor waktu (time)
Pertanyaan 3
Kegiatan 1.1 Mengkaji Materi Perkembangan Peserta Didik
Prinsip-prinsip Perkembangan dan Implementasinya terhadapa Pendidikan
Menurut Saudara apa yang perlu diperhatikan dalam membelajarkan peserta didik agar mencapai prestasi mereka sesuai dengan potensinya?
Bila Bapak / Ibu menjawab dari pertanyaan diatas maka sesi ini sudah You have completed 73% of the lesson
dan ini dia Umpan Balik dari pertanyaan tersebut
Menurut Makmun (209:85) beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membelajarkan peserta didik agar mencapai prestasi sesuai potensinya adalah dengan mengimplementasikan prinsip-prinsip perkembangan sebagai berikut ini.
Perkembangan dipengaruhi oleh faktor pembawaan, lingkungan dan kematangan. berlangsung bertahap: artinya progresif, sistematik dan berkesinambungan.Progresif: perubahan bersifat maju meningkat/mendalam/meluas. Sistematik: perubahan antar bagian saling ketergantungan sebagai suatu kesatuan yang harmonis.Berkesinambungan: perubahan berlangsung beraturan dan berurutan.
Perkembangan:terjadi secara teratur mengikuti pola-pola tertentu.Setiap tahap: hasil perkembangan tahap sebelumnya dan prasyarat bagi perkembangan selanjutnya.Tidak ada dua orang anak yang sama tetapi keduanya mengikuti urutan perkembangan yang sama.
Contoh : setiap anak sebelum bisa berlari harus berjalan dahulu.Perkembangan dapat diramalkan.Tempo perkembangan setiap anak relatif konstan à dapat diramalkan kapan mencapai kematangannya à dapat direncanakan pendidikan yang sesuai. Terdapat variasi dalam tempo dan irama perkembangan antara individu dengan kelompok tertentu berdasarkan latar belakang jenis, geografis, dan kultural à kecepatan perkembangan setiap anak berbeda-beda.
Perkembangan:
awalnya bersifat diferensiasi dan akhirnya lebih bersifat integrasi antar bagian dan fungsi organisme.
Masing-masing bagian fungsi organisme memiliki garis perkembangan dan tingkat kematangan tersendiri tapi sebagai kesatuan organis dalam prosesnya terdapat korelasi dan kompensatoris antara yang satu dengan yang lainnya.Dalam batas masa peka perkembangan dapat dipercepat atau diperlambat oleh kondisi-kondisi lingkungan.Masa peka: masa pertumbuhan ketika suatu fungsi jiwa mudah sekali dipengaruhi dan dikembangkan à datang sekali selama hidupnya à makin tepat pemberian layanan terhadap masa peka à perkembangan akan baik. laju perkembangan masa anak-anak berlangsung lebih cepat daripada periode selanjutnya
setelah bapak / ibu telah menyelesaikan tugas dan semua pertanyaa pada sesi ini lalu akan terdapat keterangan di seperti dibawah ini :
Sebelumnya Selanjutnya
You have completed 91% of the lesson
Selamat - Akhir dari pelajaran telah sampai
Anda mendapatkan skor 1 dari total 1 untuk pertanyaan yang dinilai secara otomatis. 1 pertanyaan essai Anda akan dinilai dan ditambahkan dengan skor akhir Anda pada tanggal yang ditentukan.
Nilai Anda sekarang tanpa pertanyaan essai adalah 1 dari total 2
You have completed 100% of the lesson
100%
Kembali ke a
dengan demikian pada sesi ini Bapak / Ibu otomatis telah selesai dan tidak bisa ikut serta kembali pada sesi ini.. silahkan lihat gambar dibawah ini bila sesi ini sudah Bapak / Ibu ikuti
0 Response to "Pelajaran Kegiatan 1.1 Mengkaji Materi Perkembangan Peserta Didik"
Post a Comment
ISI KOMENTAR BAPAK/IBU DISINI